Friday, November 8, 2013

Goldentowns - Game Strategi Membangun Kota - Get Real Cash & Real Gold


Introduction

Kalian tentu sudah tahu game yang menawarkan pemain dapat menghasilkan real cash seperti Anno1777, Goldenbattles dan Market Glory dimana pemain bisa melakukan withdraw keuntungan dalam game menjadi uang asli. Setelah sukses dalam Anno1777, kali ini Annolabs kembali dengan game terbarunya yang diberi nama Goldentowns

Goldentowns dibuat Anno dengan dukungan cadangan emas asli. Hal ini disebabkan pemain dalam Goldentowns dapat meng-convert uang dalam game menjadi uang asli atau bahkan emas 24 karat asli.

Game ini baru dirilis tanggal 19 Agustus 2013.





Walaupun baru dirilis, dan player secara global dalam game ini belum banyak, tentunya kita sudah percaya dengan developer sekelas Annolabs yang telah membuktikan diri dalam game Anno1777.


About The Game

Game ini tidak seperti game sejenisnya seperti Market Glory ataupun Goldenbattles yang sangat minim graphics maupun gameplay. Dalam Goldentowns, kita diajak untuk membangun sebuah kota. Bagi anda yang pernah memainkan Sim City, mungkin sudah tidak asing lagi dengan gameplay yang ditawarkan game ini. Anda hanya memerlukan sebuah web browser yang sudah terinstall Flash Player untuk dapat memainkan game ini.

Kita dapat membangun kota mulai dari resources factory, town hall, jalan, rumah, police stasion, warehouse, military building, dan masih banyaaaaak lagi. Yang terpenting adalah membangun Gold Mine tentunya

Untuk mengembangkan kota, kita diberi 6 macam sumber daya seperti vegetables, meat, wood, iron, stone, dan clay. Sebagai permulaan kita diberi 100 buah tiap macam.




Di layar bagian bawah Anda dapat melihat seperti berikut ini



Gold yang dimiliki (1) Level (2) The Happiness (3) Accommodation capacity (4) Storage capacity (5), energy (6).

Happiness sangat menentukan berapa lama citizen tinggal di kota Anda, Accomodation Capacity menentukan banyaknya citizen yang dapat tinggal di kota Anda, Storage Capacity menentukan banyaknya sumber daya yang dapat disimpan di kota Anda. Sedangkan energy merupakan kebutuhan dasar Anda untuk mengelola kota, tiap kegiatan memerlukan 1 point energy, dan replenish energy 1 point setiap 1 jam.





How to Start

1. Register di www.goldentowns.com
2. Saat pertama kali memasuki kota Anda, akan muncul seorang pemandu (host) bernama Maria yang bertugas memberikan tutorial. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Maria untuk tutorial singkat game ini.
3. Step berikutnya ialah membangun kota sesuai keinginan Anda, karena pastinya tiap player berbeda2 dalam menentukan strateginya.


Know the Basics

Raw Material

Raw material merupakan aspek terpenting dalam game karena digunakan pada hampir seluruh kegiatan di game ini, mulai dari upgrade bangunan, sampai rekrut pasukan untuk perang. Ada 6 macam raw material di Goldentowns.



Vegetables, tidak seperti material lainnya, vegetables tidak membutuhkan material lain untuk dapat diproduksi. Vegetables digunakan untuk produksi meat, wood, stone dan untuk rekrutmen citizen.
Meat, untuk memproduksi meat dibutuhkan wood, stone, iron dan clay. Digunakan untuk merekrut citizen dan skilled worker.
Wood, membutuhkan meat dan vegetable. Digunakan untuk konstruksi bangunan baru dan upgrade bangunan.
Stone, membutuhkan vegetable, meat dan wood. Stone sangat banyak digunakan untuk konstruksi jalan dan juga untuk upgrade bangunan.
Iron, membutuhkan stone, wood, vegetable dan meat. Sangat diperlukan untuk merekrut prajurit dan artillery untuk keperluan war.
Clay, membutuhkan stone, wood, iron dan meat. Digunakan untuk konstruksi jalan dan upgrade bangunan tingkat tinggi.


Citizen dan Akomodasi

Citizen atau unskilled worker direkrut di city hall. Semakin besar level city hall maka semakin banyak unskilled worker yg bisa direkrut dalam satu waktu. Setiap kegiatan konstruksi ataupun repair bangunan membutuhkan minimal satu unskilled worker. Semakin banyak unskilled worker yg digunakan dalam suatu proses konstruksi, semakin cepat konstruksi tersebut selesai.

Tiap citizen membutuhkan rumah untuk tinggal (akomodasi). Jika seluruh rumah sudah terisi citizen, kita tdk bisa lagi rekrut citizen baru. Solusinya ialah bangun rumah baru atau upgrade rumah yang sudah ada.

Perlu diketahui bahwa citizen yg baru direkrut dinamakan unskilled worker, sedangkan skilled worker ialah teacher, bankir, policeman, firemen, dsb (direkrut di school).

 Happiness dan Life Span

Happiness merupakan salah satu indikator yang cukup vital. Life span (umur) dari tiap citizen tergantung dari besarnya happiness kota Anda. Happiness dihitung berdasarkan formula berikut:

G = (Nc / No) * 10 %

G, Derajat kebahagiaan.
Nc, Jumlah dari level rumah.
No, Banyaknya rumah yang ada di kota Anda

Contoh, kota Anda memiliki 3 rumah level 1, 2 rumah level 3, dan 1 rumah level 9. Sehingga Happiness menjadi (1+1+1+3+3+9)/6 = 30%.

Rumus Lifespan = 10 + (0.5*G)
Untuk contoh di atas, life span menjadi 10+(0.5*30) = 25 hari
Perlu diketahui bahwa life span minimal ialah 10 hari.

 Storage Capacity

Raw material yang telah selesai diproduksi disimpan di warehouse. Warehouse memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Kapasitas ini dapat dinaikkan dengan membangun warehouse baru atau melakukan upgrade warehouse lama. Apabila kapasitas warehouse sudah 100%, maka hasil produksi yang baru tidak akan tersimpan dan otomatis hilang.

 Vegetasi

Pada saat pertama kali memasuki kota, Anda akan melihat bahwa sebagian besar kota anda tertutup oleh hutan / vegetasi. Untuk membangun suatu gedung atau jalan, vegetasi tersebut haruslah terlebih dahulu dihilangkan. Klik di salah satu vegetasi yang terhubung dengan jalan dan akan muncul layar berikut.

Untuk membersihkan vegetasi, klik icon biru di kanan atas. Waktu yang dibutuhkan ialah 24 jam dan membutuhkan raw material sesuai yang tercantum saat itu.

 Jalan

Setiap bangunan harus terhubung dengan city hall melalui sebuah jalan. Sebelum upgrade bangunan, Anda harus terlebih dahulu melakukan upgrade level jalan.



Building Construction

Setiap bangunan harus ditempatkan di sisi jalan yang terhubung dengan city hall. Bangunan level tinggi harus terhubung dengan jalan level tinggi pula. Untuk mulai membangun, klik di plot kosong, dan akan muncul pilihan berikut


Proses konstruksi - Setelah sukses memulai membangun suatu bangunan, maka proses konstruksi akan dimulai. Klik pada bangunan tersbut untuk mengetahui berapa lama proses konstruksinya. Untuk mempersingkat, Anda dapat menambahkan jumlah pekerja dengan mengklik free unskilled worker di sebelah kiri lalu klik tanda panah di tengah.


Degradasi Bangunan - Setiap bangunan akan mengalami degradasi 5% per hari. Setelah 20 hari, bangunan tersebut akan hancur apabila tidak dilakukan renovasi. Untuk melakukan renovasi, klik saja bangunan yang hendak direnovasi dan akan muncul gambar berikut.

Jika bangunan perlu renovasi, maka icon lingkaran panah di kanan atas akan berwarna biru, dan Anda akan langsung diberi tahu jumlah material yang dibutuhkan untuk proses renovasi. Hanya bangunan yang level degradasinya 25% ke atas yang dapat dilakukan renovasi.


 Influence Area

Dalam GoldenTowns, cukup banyak bangunan yang diwajibkan berada dalam radius pengaruh bangunan lainnya (influence area). Sebagai contoh, city hall yang akan diupgrade harus berada dalam radius pengaruh firehall, police station, market, dsb.

Semakin besar level bangunan maka semakin luas pula radius influence areanya. Apabila bangunan tersebut kehilangan bangunan lain yang menjadi kebutuhan influencenya, maka bangunan tersebut tidak dapat berfungsi.


Selamat Mencari Gold :)

No comments:

Post a Comment